Jumat, 16 Februari 2018

Strategi Pemasaran Untuk Produk Kerajinan

Strategi Pemasaran Untuk Produk Kerajinan

Satu lagi bisnis yang akhir-akhir ini sedang menjadi incaran para pebisnis adalah bisnis kerajinan tangan. Sebenarnya bisnis yang satu ini bukan merupakan bisnis yang asing bagi masyarakat Indonesia karena kerajinan tangan sudah menjadi salah satu hal yang banyak digemari orang, sehingga strategi marketing untuk bisnis ini mungkin tidak serumit pemasaran untuk produk kontemporer lainnya.

Pada dasarnya untuk menjalankan bisnis apapun, anda harus punya strategi yang tepat. Punya strategi memasarkan produk yang disesuaikan dengan target pasar kita. Demikian juga di pasarkan dengan cara sesuai dengan pola pikir dan karakter dari target pasar.

Selain memberikan pelayanan konsumen yang baik, service yang baik pada konsumen sehingga konsumen atau calon konsumen anda benar-benar puas. Jika mereka puas maka hal itu akan mendorong konsumen akan membeli produk anda kembali. Disamping itu konsumen anda bisa berbagi info kepada orang lain karena dia merasa puas.

Kualitas dari produk harus dipastikan tidak mengecewakan konsumen/pelanggan anda. Sekarang ini hampir semua usaha memilki persaingan yang cukup ketat, untuk anda yang punya usaha souvenir sebaiknya anda kreatif menciptakan produk yang unik, jeli melihat trend yang terjadi saat itu. Selain kreatif menciptakan produk sangat penting juga untuk selalu kreatif dalam menyusun strategi penjualan/strategi marketing, dengan strategi yang benar-benar tepat maka usaha anda pasti akan berjalan dengan lancar.

Dengan beberapa bahan sederhana dan sentuhan tangan kreatif dari si pembuat ini sudah dapat menghasilkan suatu kerajinan tangan yang bernilai seni tinggi. Bisnis kerajinan tangan ini tidak hanya dilakukan pebisnis yang sudah berpengalaman, tetapi lebih banyak dilakukan para ibu-ibu rumah tangga yang menggunakan waktu luang mereka untuk berbisnis. Meski demikian, para pelaku bisnis (jika ingin serius menekuni bisnis ini) tetap membutuhkan strategi pemasaran yang sesuai, dengan demikian, mereka dapat membidik konsumen yang pas. Berikut adalah beberapa strategi marketing untuk produk padat karya ini.

1. Kenali produk anda

Maksudnya di sini adalah anda harus mengenali produk kerajinan tangan yang anda buat dan apa yang sedang banyak dicari masyarakat. Misalnya anda tahu cara membuat gantungan kunci dan gantungan kunci ini sering dicari para wisatawan lokal atau domestik sebagai oleh-oleh, maka anda dapat membuat gantungan kunci dan menjualnya. Jika anda membuat kerajinan tangan yang memiliki sebuah nilai seni seperti lukisan atau patung, maka sebaiknya anda mengerti tentang nilai seninya. Misalnya saja anda membuat suatu bentuk kerajinan tangan berupa lukisan, maka anda harus dapat bercerita tentang isi dari lukisan tersebut.

2. Menjadi unik

Jika anda mempunyai kemampuan untuk mengolah bahan-bahan sederhana menjadi kerajinan tangan yang unik, anda dapat mempergunakan keahlian anda ini untuk berbisnis. Banyak bisnis kerajinan tangan yang mulai bermunculan dan menawarkan barang-barang yang sama. Membuat kerajinan tangan yang unik dan berbeda tidak ada salahnya. Masyarakat akan lebih tertarik dengan sesuatu yang berbeda dengan yang lain, unik, dan memiliki daya seni yang tinggi.

3. Fokus

Strategi marketing selanjutnya adalah selalu fokus. Fokuslah dalam mengembangkan dan memajukan bisnis anda. Jangan cepat terpengaruh dengan perubahan-perubahan yang terjadi di masyarakat. Misalnya anda melihat bisnis kuliner yang maju dan berkembang pesat sehingga anda menjadi pesimis bahwa bisnis kerajinan tangan yang anda jalankan ini tidak berkembang secepat bisnis kuliner. Jangan terpengaruh akan hal-hal negatif seperti karena nantinya akan membawa dampak yang tidak baik bagi bisnis anda sendiri.

2. Promosi

Untuk memperkenalkan produk-produk anda, tentunya anda harus mempromosikannya ke masyarakat luas. Strategi marketing yang satu ini dapat dengan mudah anda lakukan di jaman kemajuan teknologi seperti sekarang. Anda dapat memanfaatkan internet sebagai media promosi anda dengan membuat website mengenai bisnis anda. Media sosial seperti facebook atau instagram yang bisa memberikan tampilan visual juga bisa anda gunakan agar orang dapat melihat hasilnya secara langsung. Di samping itu anda juga dapat melakukan promosi melalui media lainnya seperti iklan di tv, radio, atau surat kabar.

permasalahan promosi itu sendiri terkadang mulai muncul ketika biaya promosi bisa membengkak dan yang pastinya akan kesulitan untuk fokus membagi antara membuat karya-karya yang fresh dengan ber promosi dan permasalahan pemasaran lain nya

menurut data bekraft jawa barat masalah pemasaran menjadi yang terbesar bagi para pelaku industri kreatif karna kurangnya fasilitas.

maka berdasar latar belakang masalah tersebut kami hadir sebagai mitra anda dalam membantu pemasaran produk kerajinan anda dengan menghadirkan platfrom ecommerce atau toko online khusus produk kerajinan yaitu krafina

fasilitasi promosi produk anda secara gratis, dan khusus untuk 100 pendaftar pertama kami akan beri fasilitas dan support premium di antaranya
- Gratis biaya admin
- Gratis biaya marketing dan promosi melalui seluruh jaringan distribusi kami
- Transparasi data pengunjung
daftar sekarang melalui http://bit.ly/krafina

informasi lebih lanjut  di 08190340414 wa
Disqus Comments