Jakarta - Menjelang Konferensi Perubahan Iklim PBB di bulan Desember, Kedutaan Besar Prancis, Kedutaan Besar Jerman dan Kedutaan Besar Inggris diadakan pada hari Sabtu acara mempromosikan penggunaan produk ramah lingkungan, di Pasar Santa di Kebayoran, Jakarta Selatan.
Bekerja sama dengan World Wildlife Fund (WWF) Indonesia, kedutaan memfokuskan kampanye mereka untuk mendorong masyarakat untuk memilih produk ramah lingkungan untuk kebutuhan sehari-hari dan menjadi seefisien mungkin dalam konsumsi mereka.
Para pegiat menyerukan orang untuk menjadi konsumen yang cerdas dengan memilih produk eco-label untuk produk sehari-hari, seperti tisu dan susu kemasan. Eko-label memberikan jaminan kepada konsumen bahwa produk yang digunakan sumber daya alam yang berkelanjutan dan tidak merusak lingkungan.
Koordinator WWF Indonesia footprint campaign, Margareth Meutia mengatakan bahwa produk tisu harus memiliki Forest Stewardship Council (FSC) logo pada kemasan untuk dianggap sebagai produk ramah lingkungan. Sertifikasi FSC memastikan bahwa produk berasal dari hutan yang dikelola dengan baik yang memberikan manfaat lingkungan, sosial dan ekonomi. "Logo menunjukkan bahwa produsen mengikuti aturan konservasi alam. Mereka mengambil kayu dari hutan industri, bukan hutan alam, "katanya.
Sayangnya, Margareth menambahkan, kebanyakan produk eco-label yang dijual di Indonesia diimpor karena produsen lokal tidak membayar banyak perhatian untuk masalah lingkungan. Margareth mengakui bahwa produk eco-label yang sering kali lebih mahal tapi mengatakan harga itu layak untuk kelestarian lingkungan.
Kedutaan juga mengundang Sawo Kecik, komunitas kerajinan yang diprakarsai oleh beberapa Pimpi dan Rangga Kusmalendra. Kelompok ini berfokus pada daur ulang karton susu, mengubahnya menjadi produk ramah lingkungan seperti tempat kacamata, notebook cover, dompet dan tempat kartu seperti KTP dan sejenisnya.
Untuk membuat produk eye-catching, Pimpi dan Rangga menutupi mereka dengan kain bermotif. "Kami memilih karton susu karena mereka adalah limbah perkotaan. Kota ini memiliki banyak toko-toko kopi dan kafe yang menggunakan susu sebagai bahan utama, dimana masing-masing dapat menghasilkan dua kantong plastik besar karton susu, "kata Pimpin.
"Kita harus mulai sekarang. Kami ingin membujuk orang-orang muda di Indonesia untuk menjadi kreatif dan ramah lingkungan untuk menyelamatkan bumi sehingga kita dapat bekerja sama untuk mengatasi dampak buruk perubahan iklim, "kata Atase budaya Jerman Kedutaan Didier Vuilecot, menambahkan bahwa Pasar Santa adalah tempat yang baik untuk mencapai orang-orang muda.
Dunia sedang menuju Konferensi Perubahan Iklim 2015 di Paris, di mana sekitar 148 negara ditetapkan untuk membahas pengurangan emisi gas rumah kaca dan bertujuan untuk memerangi perubahan iklim.
Home
Berita
Kampanye
Ramah Lingkungan
Sawo Kecik
Komunitas Kerajinan Sawo Kecik dalam Kampanye Ramah Lingkungan
Senin, 31 Juli 2017
Komunitas Kerajinan Sawo Kecik dalam Kampanye Ramah Lingkungan
Share this
Recommended
Disqus Comments